Tugas Komodifikasi Konten (Ekonomi Politik Media)
Komodifikai Konten pada Acara Brownis (Obrowlan Manis)
Syifa Sayyidah Sya'ban
S1 Jurnalistik, FISIP, Universitas Bengkulu
Dikutip dari jurnal Komodifikasi, Spasialisasi, dan Strukturasi dalam Media Baru di Indonesia (2018) karya Zera Endezwo Subandi dan Teguh Priyo Sadono, komodifikasi konten (isi) adalah proses perubahan nilai guna dari konten atau isi media menjadi nilai tukar yang sangat cocok dijual di pasaran karena sesuai minat pasarnya.
Salah satu contoh komodifikasi konten pada media di Indonesia
adalah sebuah acara televisi di Trans TV yang bernama Brownis (Obrowlan Manis).
Di acara televisi ini sering mengundang orang yang sedang viral dan sedang
hangat diperbincangkan masyarakat, baik karena prestasi, ketampanan/kecantikan,
video dirinya yang viral hingga ceritanya yang viral. Salah satu episode yang
menarik perhatian media adalah episode pada tanggal 30 Oktober 2024 yang diposting di youtube
dengan judul “Berapasi Sebenernya Umur Mamah Nya Elzio”. Dalam episode acara
tersebut berisikan tentang sebuah keluarga viral yang diundang untuk
diwawancarai dan menjadi bintang tamu di acara tersebut.
Lalu bagaimana konten pada acara tersebut dikomodifikasi?
Acara Brownis di Trans TV sering dianggap sebagai salah satu contoh program yang mengombinasikan hiburan dengan komodifikasi konten. Berikut ini adalah beberapa cara bagaimana konten acara Brownis dikomodifikasi:
Melalui strategi ini, Brownis mengemas acara
hiburan dalam bentuk yang sangat menarik bagi audiens sambil tetap memberi
ruang untuk komodifikasi, yang memungkinkan acara ini mendapatkan keuntungan
dari iklan dan sponsor.
Komentar
Posting Komentar